Baterry CMOS habis ,bisa menyebabkan facebook nggak bisa dibuka


CMOS BATTERY
---Bentuknya kecil persis baterai kalkulator, ya memang sama sih,.. meski begitu, Baterai ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi computer, banyak yang gak ngerti tentang bateray ini, karena bentuknya kecil dan letaknya yang berada di mainboard.
---Fungsi utama baterai CMOS adalah mensuplai tenaga bagi BIOS untuk melakukan settingan terhadap sebuah mainboard., BIOS merupakan sebuah aplikasi bawaan dari mainboard untuk dapat melakukan pengontrolan dan pendeteksian terhadap komponen-komponen lain yg terhubung ke mainboard (hardware lain). Melalui BIOS, anda dapat melakukan pengaturan terhadap kinerja serta fungsi-fungsi sebuah mainboard. BIOS memiliki chipset tersendiri dalam sebuah mainbord, dgn ukuran yg cukup kecil (sekitar 1cm). Didekat chipset BIOS itulah terletak baterai CMOS. Selain fungsi utama tersebut, BIOS memiliki fungsi untuk pengaturan waktu (jam dan tanggal) dikomputer.
---Pada BIOS Anda dapat melakukan pengaturan seperti konfigurasi BOOT Device, Video Share, CPU Speed, dan lainnya.
---Baterai yang habis, akan mengakibatkan booting awal menjadi tidak normal, bahkan bebrapa kasus, computer ogah menyala… sering orang datang ke bengkel dengan keluhan fb gak bisa dibuka, ternyata pengaturan tanggal salah (kembali ke tahun pembuatan board). Dan ini terjadi karena Baterai CMOS telah kehabisan tenaga,..
---Biasanya si tukang servis Cuma senyum-senyum,… bongkar sebentar, ganti Baterai, beres deh,.. tinggal nerima ongkos service,.. hehe
---Semoga bermanfaat

0 Response to "Baterry CMOS habis ,bisa menyebabkan facebook nggak bisa dibuka"

Posting Komentar