Partisi Hardisk / flashdisk tidak bisa diakses

Apakah anda pernah mengalami masalah dimana partisi hardisk / flashdisk anda tidak bisa diakses?! Salah satu penyebabnya kemungkinan virus yakni virus DEFO IMAGE.,. Defo (Boot image)
Aliases:
BootHead.Defo VirusBlokAda Vba32
Defo Clam AntiVirus
DEFO McAfee Virus Scan for Linux
Defo Sophos SWEEP virus detection utility
Defo ALWIL software avast! antivirus
Defo Doctor Web Ltd, Dr.Web (R) for Linux
Defo (Boot) AVIRA Desktop for UNIX
Defo image file F-PROT ANTIVIRUS for Linux
Virus.Boot.Defo Kaspersky On-Demand Scanner for Linux
Detected by: Bitdefender/Linux-Console
Date: 2003-11-22

Jika hardisk external atau flashdisk yang terinfeksi virus ini anda masukkan ke komputer maka device akan terdeteksi akan tetapi partisi dari device ini tidak akan terbaca oleh Windows, jika kita berusaha mem-format-nya maka tidak akan bisa di-format.

Adapun cara mengatasi masalah ini tanpa kita harus kehilangan data-data penting yang ada di hardisk / flashdisk kita adalah dengan menggunakan bantuan software untuk me-recovery file-file kita. Banyak software yg bisa digunakan. Salah satunya software Recover My Files. Tapi sebelumnya tentu saja kita harus mengembalikan partisi device kita agar bisa terbaca kembali oleh Windows. Caranya : Masuk ke Control Panel, lalu pilih Administrative Tools, kemudian pilih Computer Management. Setelah anda masuk ke Computer Management pilih bagian Disk Management…Disana akan terbaca Media / Disk yang tersedia…kemudian klik kanan partisi yg ingin anda rubah…buat partisi baru dengan menu yg tersedia. Setelah partisi baru selesai baru kemudian jalankan program Recover My Files untuk mengembalikan semua isi dari device anda yang hilang. Sekian terimakasih.

Remove defo (image) virus : format your device from Computer Management–>Disk Management–>Right Klik Device that was infected Defo Virus. Good Luck! And then you can recover your files from formatted device using Recovery Software like Recovery My Files.

Alternatif line, coba buka harddisk-nya di sistem operasi lain seperti linux, solaris, dll. Harddisk yang terkena virus di sistem operasi windows masih bisa di akses di sistem operasi lain. Seperti yg saya gunakan yakni sistem operasi Linux (Ubuntu). Ubuntu memiliki live CD, jadi saya tidak perlu install OS Ubuntu. Saya tinggal booting saja pake Ubuntu kemudian data-data dari harddisk yang tidak bisa terbaca saya recover (pindahkan ke harddisk external lain). Kemudian setelah selesai, saya masuk ke OS XP lalu saya format harddisk yg nggak bisa terbaca tersebut. Setelah selesai baru data kembali saya pindahkan. Mungkin bisa di coba…tx!

0 Response to "Partisi Hardisk / flashdisk tidak bisa diakses"

Posting Komentar