TIPS AGAR BLOG JADI POPULER

Kalu anda seorang BLOGGER pemula, jangan berharap blog yang anda buat langsung mendapat respon dari blogger lain, dan trafik kunjungannya tinggi, anda harus bersabar dan butuh waktu dan perjuangan yang keras agar blog anda popularitasnya meningkat dengan pesat.
Dibawah ini ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mempopulerkan blog yang anda buat.

1. ULET dan SABAR
Kesabaran adalah modal penting yang harus dimiliki seorang blogger. Hanya satu atau dua blog saja yang baru dibuat langsung mendapat respond an peningkatan trafik yang signifikan pada bulan-bulan pertama. Begitu pengguna internet memperhatikan link dan membaca blog anda, maka jika isi dari blog anda benar-benar bagus, maka selanjutnya blog anda akan dijadikan sebagai source oleh pembaca.
Biasanya 6 bulan pertama merupakan saat-saat yang diperlukan guna meningkatkan pengalaman blogging anda dan mencari cara yang baik menulis konten yang bagus. Sebab, meskipun anda cukup pintar dalam memilih topic-topik tertentu untuk blog anda, tetapi jika tulisan anda kurang bagus maka pembacapun akan enggan untuk kembali mengunjungi anda. Oleh karena itu, terus menerus pertajam keahlian menulis anda.

2. BERIKAN SESUATU YANG GRATIS
Sesuatu disini bisa berupa freeware, wallpaper, file mp3, e-book, atau aplikasi-aplikasi lain yang bersifat gratis. Jika sesuatu yang anda berikan secara gratis ini selalu diupdate, bisa dipastikan pembaca akan selalu mengunjungi blog anda.

3. MENULIS DI BLOG LAIN YANG SUDAH POPULAR
Jika blog anda belum anda yang mengunjungi, mengapa tidak anda saja yang mendatangi mereka? Caranya, tulislah sebuah artikel menarik dib log lain (weblog) yang sudah terkenal, tetapi dengan syarat artikel tersebut belum pernah dipublikasikan dib log lain. Cara ini sangat menguntungkan dua belah pihak, pemilik blog mendapatkan tambahan konten, sementara anda bisa lebih dikenal dan pada akhirnya akan mendapatkan beberapa ling yang terhubung ke blog anda.
Cara ini tidak sia-sia, coba pikirkan tambahan pengunjung yang akan anda dapatkan dan mendatangi blog anda, sehingga jerih payah anda tidak sia-sia.

4. KUMPULKAN ARTIKEL
Cara lain yang juga baik untuk mempopulerkan blog adalah dengan mengumpulkan artikel-artikal yang paling banyak disukai pengunjung, biasanya berdasarkan jumlah komentar yang paling banyak. Memang, anda dituntut untuk selalu bisa menghasilkan artikel yang bagus sehingga menarik minat blogger lain untuk membacanya.
Terkadang, kita menulis artikel yang kita piker akan mendatangkan banyak pengunjung, tapi ternyata tidak. Dalam hal ini, terbukti betapa penting mempromosikan artikel yang sudah dipublikasikan.

5. PROMOSI ARTIKEL
Saran yang sering dilontarkan pada para blogger pemula adalah untuk selalu meningkatkan komentar pada blog lain agar meningkatkan trafik blog sendiri.
Meskipun bila anjuran ini bagus, tetapi jika anda hanya meninggalkan komentar yang kurang berbobot, seperti : Pertamax……….,artikel yang bagus….. dan sebagainya, jangan berharap blog anda akan mendapatkan kunjungan hanya karena anda meninggalkan link alamat blog anda di bawah komentar tadi.
Cara promosi artikel yang lebih tepat adalah sebagai berikut. Misalnya, anda telah menulis sebuah artikel yang mengulas tentang Daftar 100 Wordpress theme. Setelah anda mempublikasikan artikel tersebut di blog anda, kemudian searching di google menggunakan keyword Daftar wordpress theme, kunjungi masing-masing blog yang ada dalam daftar pencarian google (usahakan blog yang terkenal), kemudian tinggalkan komentar anda dengan mencantumkan link artikel di blog anda. Komentar yang anda berikan sebaiknya seperti ini :
“Terima kasih untuk daftar yang lengkap. Jika ada yang tertarik, saya juga menulis daftar 100 wordpress theme yang paling saya suka dib log saya.
Cara ini bisa menambah trafik pengunjung blog anda.
Selamat mencoba, dan jadilah penulis artikel yang bermanfaat, oke….?

1 Response to "TIPS AGAR BLOG JADI POPULER"

  1. Agus Hermawan says:
    5 Januari 2009 pukul 01.42

    terima kasih buat sarannya...jika anda berkenan tolong beri masukan pada blog saya di www.thekumaiprojek.blogspot.com dan www.agoeschomel.blogspot.com! saran anda sangat membantu nantinya...

Posting Komentar